Jumat, 21 Desember 2012

Mabes Polri: Apa Korelasinya Periksa Menteri Gita Wirjawan


RMOL. Mabes Polri tidak berencana memeriksa Menteri Perdagangan Gita Wirjawan terkait aliran dana bailout Bank Century Rp 6,7 triliun.
"Konteksnya apa, korelasinya apa," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, di kantornya, Kamis (20/12).
Boy memastikan sampai saat ini Mabes Polri belum menemukan keterkaitan PT Graha Nusa Utama (GNU) yang 55 persen sahamnya dibeli oleh perusahaan milik Gita Wirjawan, PT Ancora Land, dengan pemilik Bank Century Robert Tantular.
"Memangnya sudah pasti PT GNU punya RT (Robert Tantular). Kita belum dapat kabar itu punya RT," kata Boy.
Atas hal itu, lanjut dia, belum cukup alasan bagi Polri untuk memanggil dan memeriksa Gita Wirjawan.
"Kita bekerja secara proposional," demikian Boy. 
Keterkaitan Gita dengan bailout Bank Century pertama kali diungkap anggota Timwas DPR Hendrawan Supratikno. Hendrawan mengatakan terdapat indikasi aliran dana Century mengalir ke Gita ketika PT Ancora Land milik Gita membeli 55 persen saham PT GNU.

"Ancora Land ini milik Gita Wirjawan. Persoalannya kenapa dia mengakuisisi perusahaan yang tidak ada apa-apanya atau istilahnya sudah tidak ada cangkangnya. Perusahaan yang hanya dijadikan (tempat) pencucian uang," ujar Hendrawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

PT GNU adalah perusahaan yang dikomandoi oleh Totok Kuncoro. Selain aktif di PT GNU, Totok yang telah dijadikan tersangka dalam kasus perbankan dan pencucian uang itu juga merupakan pemegang saham di PT Antaboga Delta Securitas (ADS) dan PT Tirtamas Nusa Surya (TNS).

Kejahatan Totok, menurut hasil investigasi polisi, diantaranya adalah menggelapkan dana nasabah ADS, sedangkan di PT TNS yang berafiliasi dengan Bank Century, Totok juga melakukan penjualan atau penggelapan aset yang diagunkan (AYDA).

Dalam kasus ADS, Totok bahkan telah divonis delapan tahun penjara bersama  dengan Robert Tantular (pemilik Bank Century) yang telah divonis sembilan tahun penjara.

Sumber : http://polhukam.rmol.co/read/2012/12/20/90811/Mabes-Polri:-Apa-Korelasinya-Periksa-Menteri-Gita-Wirjawan-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar